Belajar Bahasa Inggris

LESSON II: "SUDAH"

Setelah kita mempelajari cara mengungkapkan apa yang akan kita lakukan di pelajaran I, sekarang kita mempelajari apa-apa yang SUDAH kita lakukan. Setelah menyelesaikan pelajaran ini, kita mulai dapat berbicara tentang kegiatan kita sehari-hari.
Disini kita menggunakan HAVE ditambah kata kerja bentuk ketiga (KK-III). Lihat lampiran untuk daftar kata kerja. Dalam hal ini keterangan waktu atau kapan kejadiannya tidak mempengaruhi susunan kalimat. Yang terpenting adalah pengungkapan SUDAH.… SUDAH TERJADI.
Contohnya :
Saya sudah makan nasi = I HAVE EATEN RICE biasa disingkat I’ve eaten rice
Saya sudah membersihkan lantai itu = I HAVE CLEANED THE FLOOR
Kamu sudah membayar kopi itu = YOU HAVE PAID THE COFFEE
Mereka sudah pergi = THEY HAVE GONE
Kita sudah mengirim surat itu = WE HAVE SENT THE LETTER
Catatan: untuk orang-orang yang KITA BICARAKAN dan JUMLAHNYA HANYA SATU (TUNGGAL), seperti Budi, Asep, Ibu saya, Retno; begitu juga dengan binatang dan benda seperti burung itu, anjing saya, buku saya, dia, dan sebagainya; kita harus menggunakan HAS untuk mengganti HAVE.
Contohnya :
Budi sudah menjawab pertanyaan itu = BUDI HAS ANSWERED THE QUESTION
Ibu saya sudah memasak ikan = MY MOTHER HAS COOKED FISH
Anjing saya sudah melompat = MY DOG HAS JUMPED
Untuk menyatakan pekerjaan yang belum dilakukan, tinggal menambahkan NOT di belakang HAVE atau HAS.
Saya belum makan = I HAVE NOT EATEN = I haven’t eaten.
Amir belum minum bir = AMIR HAS NOT DRUNK BEER = He hasn’t drunk beer.
Untuk menegaskan ungkapan BELUM, ditambahkan kata YET di bagian belakang kalimat, seperti :
Contohnya :
I have NOT eaten YET (Saya belum makan)
He has NOT drunk beer YET (Dia belum minum beer)
Untuk bertanya yang memerlukan jawaban YA atau TIDAK, kita tinggal memindahkan HAVE atau HAS ke bagian depan kalimat.
Contohnya :
Sudahkah kamu menulis surat? = HAVE YOU WRITTEN A LETTER?
Apakah Retno sudah membersihkan rumah itu? = HAS RETNO CLEANED THE HOUSE?
Untuk pertanyaan yang memerlukan jawaban panjang (bukan YA atau TIDAK), kita tinggal menambahkan kata tanya di depan kalimat tanya tersebut di atas (Lihat pelajaran I).
Contohnya :
Apa yang sudah kamu kerjakan? = WHAT HAVE YOU DONE?
Siapa yang sudah mengirim surat itu? = WHO HAS SENT THE LETTER?
Sekarang kita sudah bisa mengungkapkan apa yang AKAN dan SUDAH kita lakukan. Kita juga telah mempelajari apa yang BISA, HARUS, dan MUNGKIN kita lakukan. Cobalah penggunaannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahasa Inggris akan menjadi jauh lebih mudah apabila kita berlatih setiap hari. (@)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar