Belajar Bahasa Inggris

LESSON IV: "TANPA AKAN", "SUDAH", "SEDANG"

Sekarang kita menginjak ke tahapan penting kedua pelajaran kita. Dalam pelajaran IV ini, kita akan mempelajari pengungkapan kalimat yang TIDAK menggunakan AKAN, SUDAH, SEDANG. Kalimat yang kita buat disini adalah kalimat sederhana, seperti : Saya membersihkan lantai, Saya makan, Saya bekerja, dan sebagainya. Jelas bahwa kalimat-kalimat itu tidak mengadung Akan, Sudah, maupun sedang.

Marilah kita lihat contoh berikut :
Saya membersihkan lantai = I CLEAN THE FLOOR
Saya makan = I EAT
Kamu bekerja = YOU WORK
Mereka bermain sepakbola = THEY PLAY FOOTBALL
Kita pergi ke sekolah = WE GO TO SCHOOL
Kami suka kamu = WE LIKE YOU
Sama seperti penggunaan SUDAH dalam pelajaran II, untuk orang atau benda yang kita bicarakan, dan jumlahnya hanya satu (tunggal), kita perlu menambahkan S atau ES di belakang kata kerjanya.
Contohnya :
Amir membersihkan lantai = AMIR CLEANS THE FLOOR
Ayah saya makan = MY FATHER EATS
Rita pergi ke sekolah = RITA GOES TO SCHOOL
Anton suka saya = ANTON LIKES ME
Apabila kejadiannya di waktu lampau atau sudah lewat, kita menggunakan bentuk lampau dari kata kerja atau KATA KERJA BENTUK KEDUA (KK-II). Ini berlaku untuk semua orang atau benda.
Contohnya :
Saya membersihkan lantai KEMARIN = I CLEANED THE FLOOR YESTERDAY
Amir mencuci pakaiannya tadi pagi = AMIR WASHED HIS CLOTH THIS MORNING
Mereka pergi ke Jakarta minggu lalu = THEY WENT TO JAKARTA LAST WEEK
Catatan :
Selalu bedakan penggunaan :
Saya membersihkan lantai kemarin (tidak mengandung sudah)
dengan
Saya SUDAH membersihkan lantai kemarin (mengandung sudah)
Saya membersihkan lantai kemarin = I CLEANED THE FLOOR YESTERDAY
Saya SUDAH membersihkan lantai kemarin = I HAVE CLEANED THE FLOOR YESTERDAY
Untuk mengungkapkan TIDAK, kita harus sedikit berpikir. Pada bagian pertama (pelajaran I,II,III), kita tinggal menambahkan NOT di belakang WILL, HAVE/HAS, atau IS/AM/ARE, WAS/WERE. Pada bagian ini tidak ada yang bisa kita tambah NOT.
Saya membersihkan lantai = I CLEAN THE FLOOR
Untuk “Saya tidak mebersihkan lantai”, kita TIDAK BISA membuatnya menjadi I NOT CLEAN THE FLOOR, karena sebelum NOT harus ada yang mendahuluinya untuk membuatnya lebih bagus diungkapkan.
Karena tidak ada yang bisa langsung ditambah NOT, kita harus meminjam :
DO, untuk saya, kamu, mereka, kita => DO NOT disingkat DON’T
DOES, untuk orang atau benda yang kita bicarakan, dan jumlahnya hanya satu (tunggal) => DOES NOT disingkat DOESN’T
DID, untuk semua kejadian lampau => DID NOT disingkat DIDN’T
Catatan : Apabila kita menggunakan DO, DOES, DID; semua kata kerjanya kembali ke Kata Kerja bentuk pertama (KK-I) yang belum dirubah.
Contohnya :
Saya tidak membersihkan lantai = I DON’T CLEAN THE FLOORAmir tidak membersihkan lantai = AMIR DOESN’T CLEAN THE FLOOR
Saya tidak membersihkan lantai kemarin = I DIDN’T CLEAN THE FLOOR YESTERDAY
Amir tidak membersihkan lantai kemarin = AMIR DIDN’T CLEAN THE FLOOR YESTERDAY
Perhatikan :
Amir datang = AMIR COMES (KK-I + S)
Amir tidak datang = AMIR DOESN’T COME (kembali ke KK-I)
Amir datang kemarin = AMIR CAME YESTERDAY (KK-II)
Amir tidak datang kemarin = AMIR DIDN’T COME YESTERDAY (kembali ke KK-I)
Untuk membuat pertanyaan, kita juga harus sedikit berfikir. Apabila pada bagian pertama (pelajaran I,II,III) kita tinggal memindahkan WILL, HAVE/HAS, atau IS/AM/ARE, WAS/WERE ke bagian depan kalimat, pada pelajaran ini tidak ada yang bisa kita langsung pindahkan.
Sama seperti menyatakan TIDAK, kita harus meminjam DO, DOES, atau DID untuk kita taruh di bagian depan kalimat.
Contohnya :
Apakah kamu membersihkan lantai? = DO YOU CLEAN THE FLOOR?
Apakah Amir membersihkan lantai? = DOES AMIR CLEAN THE FLOOR?
Apakah kamu membersihkan lantai kemarin? = DID YOU CLEAN THE FLOOR YESTERDAY?Apakah Amir membersihkan lantai kemarin? = DID AMIR CLEAN THE FLOOR YESTERDAY?
Perhatikan : Semua kata kerjanya juga kembali ke bentuk pertama (KK-I)
Untuk pertanyaan yang memerlukan jawaban panjang (bukan YA atau TIDAK), kita tinggal menambahkan kata tanya di depan kalimat tanya tersebut di atas (Lihat pelajaran I).
Contohnya :
Apa yang kamu bersihkan? = WHAT DO YOU CLEAN?
Siapa yang kamu suka? = WHO DO YOU LIKE?
Apa yang dia kirim? = WHAT DOES HE SEND?
Mengapa Budi menangis? = WHY DOES BUDI CRY?
Siapa yang kamu temui kemarin? = WHO DID YOU MEET YESTERDAY?
Dimana Iwan menaruh buku itu kemarin? = WHERE DID IWAN PUT THE BOOK YESTERDAY?
Kita juga bisa menggunakan susunan diatas untuk membuat pertanyaan yang menyatakan tidak.
Contohnya :
Mengapa kamu tidak suka saya? = WHY DON’T YOU LIKE ME?
Apa yang tidak kamu suka? = WHAT DON’T YOU LIKE?
Mengapa mereka tidak datang kemarin? = WHY DIDN’T THEY COME YESTERDAY?
Yang mana yang mereka tidak pilih? = WHICH ONE DON’T THEY CHOOSE?
Dalam pelajaran ini, kita juga akan mempelajari PERINTAH dan LARANGAN.
Apabila kita menyuruh orang melakukan sesuatu, kita menggunakan kata kerja bentuk pertama (KK-I).
Contohnya :
Bersihkanlah lantai itu = CLEAN THE FLOOR!
Pergilah ke sana = GO THERE!
Lompatlah = JUMP!
Catatan : Untuk sedikit menghaluskan perintah kita atau kita ingin minta tolong, kita menggunakan kata PLEASE di depan atau belakang kalimat tersebut.
Contohnya :
PLEASE CLEAN THE FLOOR!
GO THERE, PLEASE!
PLEASE JUMP!
 
Apabila kita melarang orang melakukan sesuatu, kita menggunakan DON’T diikuti kata kerja bentuk pertama (KK-I).
Contohnya :
Jangan bersihkan lantai itu = DON’T CLEAN THE FLOOR!
Jangan pergi ke sana = DON’T GO THERE!
Jangan melompat = DON’T JUMP!
Catatan : Untuk sedikit menghaluskan larangan kita atau kita ingin minta tolong, kita menggunakan kata PLEASE di depan atau belakang kalimat tersebut.
Contohnya :
PLEASE DON’T CLEAN THE FLOOR!
DON’T GO THERE, PLEASE!
PLEASE DON’T JUMP!
(@)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar