Belajar Bahasa Inggris

Menguasai Bahasa Inggris dengan Cara yang Menyenangkan

Bahasa Inggris itu susah-susah mudah. Mungkin dari sejak kita sekolah jaman SMP sampai sekarang, kita sudah belajar banyak tentang cara menguasai Bahasa Inggris. Tapi kenapa sampai sekarang masih gak pede yaa speaking english? Saya ada beberapa tips untuk mengatasi kesusahan Anda mempelajari bahasa inggris dengan mudah dan menyenangkan. Karena apa? Karena tips-tips ini berdasarkan hobi dan kesukaan saya sendiri.


1. Dengerin Musik
Setiap orang pasti senang dengar musik dan akan berusaha untuk bisa menyanyikannya. Oleh karena itu, mulai sekarang, jangan tanggung-tanggung deh. Pilih lagu berbahasa Inggris favorit Anda, cari liriknya, hafalkan dan coba nyanyikan. Dengerin musik bahasa inggris itu secara gak langsung kita juga berlatih listening dan speaking kita. Mungkin bisa dengan mencoba dengerin pertama kali dan coba tebak liriknya, setelah itu coba cocokkan dengan lirik aslinya. Gimana? Usahakan lagu yang kita enak dengernya (easy listening), jangan maksain buat dengerin yang susah – susah.

2. Nonton DVD\TV Series
Anda suka nonton film? Sekarang coba usahakan buat nonton film-film di DVD (bisa beli atau sewa) yang berbahasa Inggris dan cari film yang anda sudah pernah tonton sebelumnya. Nah, kemudian Anda ganti subtitle (text terjemahannya) dalam bahasa Inggris. Anda bisa belajar banyak tentang listening, speaking, pronounciation dan banyak lagi dengan menyimak dialog-dialog yang ada di Film tersebut. Putar berulang-ulang sampai setiap dialog dalam film tersebut meresap ke kepala anda dan secara gak langsung anda akan bisa menguasai bahasa inggris automatically without thinking.

3. Baca Buku atau Novel

Jika Anda suka baca, maka coba anda perhatikan ada banyak buku popular yang belum diterjemahkan ke bahasa Indonesia tapi mungkin anda sudah tahu sedikit jalan ceritanya, dari buku terjemahannya. Nah, karena Anda sudah tahu bagaimana isi bukunya, paling gak Anda bisa lebih mudah mengerti walau banyak kata–kata yang sulit. Anda bisa coba membandingkan padanan kata dari buku terjemahannya dengan buku versi original (asli) tersebut. Manfaatnya anda akan bisa menguasai banyak tense, verb maupun kata-kata kiasan didalam bahasa inggris yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia.

4. Baca Majalah
Kalo Anda merasa baca buku terasa berat, baca majalah juga bisa. Ada banyak majalah berbahasa Inggris yang beredar di Indonesia dan kalau bisa cari yang topiknya sesuai dengan hobi atau kesukaan Anda. Cari artikel-artikel ringan di dalam majalah tersebut dan coba pahami tata bahasanya.

5. Main Game
Kalau yang ini, sejak kecil mungkin anda sudah terbiasa main game dan biasa memahami serta mencari tahu instruksi atau petunjuk-petunjuk di dalam game tersebut agar Anda bisa menang atau naik ke level game berikutnya.

6. Carilah Teman berlatih
Kunci menguasai bahasa inggris adalah dengan practice, practice dan practice. Semakin dilatih, maka anda akan semakin terbiasa menggunakan bahasa inggris tanpa harus memutar otak terlebih dahulu (automatically without thinking). Cari teman, saudara atau tetangga anda yang "senasib", dalam artian yg juga ingin berlatih menguasai bahasa inggris. Manfaatkan situs-situs pertemanan (social network) seperti Facebook, Twitter, YM dll untuk berlatih menulis atau chat dengan teman-teman anda menggunakan bahasa inggris.

Masih banyak lagi cara-cara untuk bisa menguasai bahasa inggris dengan mudah. Asalkan anda senang mengerjakannya dan sesuai dengan hobi anda, maka anda tidak akan terbebani dengan rumitnya grammar, tenses ataupun aturan-aturan tata bahasa yang justru malah mengekang keinginan anda untuk bisa menguasai bahasa inggris dengan cepat. @

Tidak ada komentar:

Posting Komentar