Belajar Bahasa Inggris

Cara Menguasai 4 Keterampilan Bahasa Inggris (4 Skills of Language)

Ada banyak cara orang berkomunikasi. Yang umum adalah melalui beberapa media yaitu berbicara (speaking), jika ada yang berbicara, tentu juga ada yang mendengar (listening). Kemudian setelah ditemukannya tulisan maka orang berkomunikasi menggunakan bahasa tulisan (writing) dan tentu saja ada yang membaca (reading).

Speaking, listening, reading & writing. Inilah yang disebut dengan 4 ketrampilan bahasa atau 4 skills of language. Maksudnya apa? Tujuan orang belajar bahasa inggris adalah menguasai 4 ketrampilan ini, yaitu:
- Listening
Jika anda sudah bisa mendengar dan memahami pembicaraan orang lain.
- Speaking
Jika anda sudah bisa menyampaikan semua bentuk pikiran, perasaan, dan kebutuhan anda secara lisan
- Reading
Jika anda sudah memiliki kemampuan untuk memahami bacaan
- Writing
Jika anda sudah bisa menyampaikan semua bentuk pikiran, perasaan, dan kebutuhan anda dalam bentuk bahasa tertulis
Bahasa sendiri adalah seperangkat ketrampilan. Language is a set of skills. Maksudnya adalah anda harus memahami perbedaan antara “pengetahuan” dan “ketrampilan”. Dalam kajian psikologi, pengetahuan masuk dalam ranah cognitive (cognitive domain), seperti halnya dulu semasa kita sekolah kita belajar geografi, biologi, itu sifatnya adalah cognitive, hapalan.

Sedangkan ketrampilan masuk kedalam ranah motoric atau gerak. Pelajaran seperti berenang, mengetik, pencak silat termasuk kedalam ranah motoric (motoric domain). Artinya apa? Untuk bisa menguasai ketrampilan anda WAJIB gerak, praktek dan praktek. Sampai anda bisa menguasai dengan otomatis tanpa berpikir (automatically without thinking) 

Saya beri contoh:
- Apa rumusnya agar anda bisa berenang?
- Apa rumusnya agar anda tidak terjatuh ketika naik sepeda?   

Tidak ada rumus apapun yang perlu anda hapal untuk bisa melakukan kedua hal tersebut. Tidak perlu baca buku setebal apapun untuk bisa menguasai kedua hal tsb. Yang diperlukan hanyalah 1 langkah sederhana:
- Praktek, praktek dan praktek
- Gerak, gerak dan gerak

Sederhana sekali bukan? Tapi pasti penyakitnya juga sederhana.
- Takut salah, takut salah, takut salah
- Males, males dan males
Hehee…

Jadi jika anda mencoba belajar bahasa inggris dengan cara menghapal banyak rumus grammar ini dan itu, maka sudah pasti anda akan pusing sendiri. Grammar tetaplah diperlukan, tapi itu bukanlah tujuan utama kita belajar bahasa inggris.

Jadi, jika anda ingin menguasai 4 ketrampilan berbahasa inggris, maka tidak ada cara lain selain langsung gerak dan langsung praktek.
- Saya ingin memiliki kemampuan berbicara (speaking)
Ayo kita langsung gerak – langsung praktek – langsung bicara!
- Saya ingin mampu membaca text-book bahasa inggris…
Ayo kita langsung praktek, langsung kita membaca!
- Saya ingin bisa menulis dalam bahasa inggris
Ayo kita langsung gerak – langsung kita menulis!
- Saya ingin bisa menikmati film dalam bahasa inggris
Ayo kita langsung gerak – kita langsung menyimak!

Tidak ada cara lain apapun – tidak ada langkah cerdik apapun yang bisa mensiasati penguasaan skill berbahasa inggris anda kecuali anda sendiri yang menebusnya. Dengan bersusah payah, gerak dan gerak, praktek dan praktek. There is no other way! U must take Action and action!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar