Belajar Bahasa Inggris

4 Tips Berani Berbahasa Inggris

Anda sudah belajar bahasa Inggris sekian lama. Anda sudah coba memperbanyak kosakata bahasa inggris anda. Tapi kenapa masih saja sudah untuk mengucapkan sesuatu dalam bahasa inggris kepada lawan bicara anda? Kenapa lidah anda jadi begitu kaku begitu anda ingin berbahasa inggris di depan orang lain?
Mungkin 4 (empat) tips ini bisa sedikit membantu anda agar anda bisa berbicara dengan percaya diri.

1. Berlatihlah dengan lantang

Pasti anda Anda pernah mendengar hal ini. Satu-satunya cara untuk berkembang adalah dengan BERLATIH dan berlatih. Gunakan bahasa Inggris sesering dan selantang mungkin. Beberapa orang berlatih dengan sunyi, melakukan percakapan hanya di kepala mereka. Tetapi Anda perlu untuk menggunakan mulut Anda untuk mengeluarkan kata-kata tersebut, dan telinga untuk mendengarnya. Anda dapat melakukan ini kapanpun - pada saat Anda sendiri, bersama teman, atau melalui sebuah percakapan online.

2. Plan ahead and warm up

Jika Anda tahu Anda harus melakukan percakapan atau berpidato dalam bahasa Inggris, pikirkan apa yang Anda akan katakan. Latihlah beberapa kalimat. Biasakan untuk mendengarnya. Lalu, Anda akan siap pada saat Anda harus berkomunikasi dengan seseorang.

3. Bangun percaya diri Anda dengan kembali ke dasar

Ketakutan seorang pembicara adalah pada saat mereka bicara, mereka terdengar konyol atau tidak dapat dimengerti. Banyak pakar bahasa Inggris menyarankan untuk menggunakan struktur kalimat sederhana dan sudah anda kenal (mengerti). Pada saat Anda merasa pendengar dapat mengerti Anda, maka Anda siap untuk maju ke ide yang lebih kompleks. Mungkin di atas kertas bahasa Inggris Anda berada di tingkat mahir, tetapi semua pengetahuan tersebut tidak akan membantu Anda jika Anda tidak dapat mengkomunikasikannya!

4. Umm dan aah

Lakukan apa yang dilakukan para native speaker (penutur asli). Jika Anda tidak yakin atau lupa akan apa yang ingin Anda katakan, berhenti dan masukkan kata-kata seperti "um", "er", atau "ah". Hal tersebut memberikan Anda waktu untuk berpikir dan mengindikasikan bahwa Anda akan berbicara. Kadang yang Anda perlukan hanya beberapa "umms" untuk mengeluarkan kata-kata dari mulut Anda. Tetapi berhati-hatilah untuk tidak menggunakan kata tersebut terlalu sering, hal itu dapat menjadi kebiasaan buruk yang sukar Anda hilangkan!


Semoga 4 tips tersebut bisa membantu anda untuk BERANI berbahasa inggris di depan lawan bicara anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar