Belajar Bahasa Inggris

7 Tips Mudah Belajar Bahasa Inggris Hanya Dengan Menonton Film

Apakah ketika mendengar kalimat belajar bahasa inggris, yang kemudian terbayang di pikiranmu adalah bahasa yang aneh, rumus-rumus grammar yg rumit, ataupun tes soal yang njlimet?? 
Well guys, belajar bahasa inggris sebenarnya juga bisa menyenangkan jika kamu tahu caranya. Dan salah satu cara yang murah dan dijamin tidak akan membosankan adalah dengan menonton film, siapa sih yang gak suka nonton film? pastinya film dengan teks & audio bahasa inggris yaa... Kan tujuan kamu mau belajar bahasa Inggris, yaa nontonnya film dengan bahasa inggris dong, jangan bahasa korea... :p


Naah, berikut ini adalah beberapa tips buat kamu semua bagaimana belajar bahasa inggris menyenangkan lewat menonton film.

1. Tentukan Apa Yang Ingin Dipelajari
Jika kamu ingin meningkatkan skill listening, maka
kamu harus fokus pada dialog-dialog antar tokoh.
Jika
kamu ingin meningkatkan skill pronounciation, maka kamu harus fokus pada cara-cara aktor mengucapkan kata-kata di dalam film.

2. Pilih Film Yang Mudah DipahamiPertama, tentukan film yang
kamu sudah paham jalan ceritanya.
Jadi meskipun
kamu nanti kesulitan mencerna apa yang karakter dalam film tsb katakan, kamu tetap bisa menebak-nebak karena kamu sudah tahu jalan ceritanya.
Kedua, pilih film yang bahasa Inggrisnya sesuai dengan level
kamu sekarang.
Jangan pilih film seperti "Romeo & Juliet atau "Shakespeare in Love" dan sejenisnya karena bahasa inggris di film semacam itu akan sulit untuk dipahami oleh pemula.

Pilihlah film-film animasi yang ditujukan untuk anak-anak karena bahasanya lebih simpel dan lebih mudah dipahami. Film-film seperti "finding Nemo" atau "Up" adalah contoh film yang dapat digunakan untuk mempelajari bahasa ingris.

3. Tonton Film di Laptop atau KomputerLebih baik gunakan laptop/komputer untuk memutar film karena kamu bisa dengan mudah mengulang-ulang dialog, adegan dll.
Jika ditonton dengan DVD player,
kamu akan sedikit kesulitan untuk me-rewind atau mem-forward film.

4. Bawa Buku catatan, Pulpen dan Kamus
Karena tujuanmu adalah belajar bahasa inggrisnya, jangan lupa bawa buku catatan, pulpen dan kamus.
Buku catatan ini akan digunakan untuk mencatat vocabulary baru yang kamu temukan dalam film.

5. Fokus pada satu Adegan Dulu
Durasi film yang bisa lebih dari satu jam akan memberimu puluhan vocabulary baru dan juga ilmu baru tentang bahasa inggris.
Hal ini mungkin akan terlalu sulit dicerna, apalagi jika
kamu masih pemula.
Maka, fokuslah dulu pada satu adegan. Misalnya, kamu menggunakan film "Finding Nemo", untuk hari pertama, fokuslah dulu pada adegan saat hari pertama Nemo pergi ke sekolah.
Besoknya, kamu bisa lanjut ke adegan lainnya.

6. Gunakan Subtitle Bahasa Inggris
Meski sulit, usahakan untuk menggunakan subtitle bahasa inggris. Hal ini akan membuatmu menemukan banyak kata baru dan memahami arti serta penggunaannya.
Langsung "pause" jika menemukan kata baru. Jika ada kata yang baru untukmu dalam dialog, segera pause dan catat kata tersebut dalam buku catatan, setelah itu buka kamus dan segera cari artinya.

7. Ulangi dialog dan buat kalimatmu sendiri
Setelah kamu paham arti dari kata baru tersebut, ulangi dialognya sehinga kamu kini benar-benar paham apa yang diucapkan si tokoh dalam film.
Jika belum paham juga, jangan malas untuk mengulangi dialognya lagi dan lagi.
Setelah film selesai, kamu bisa melihat lagi buku catatanmu. Berapapun vocabulary baru yang kamu catat disitu, gunakanlah mereka untuk membuat kalimatmu sendiri. Buka kamus untuk mempermudah.

Selamat belajar!

1 komentar:

  1. KISAH SUKSES SAYA JADI TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS. AGUSDIN SUBIANTORO,beliau yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku kepala deputi bidang penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469
    kisah cerita saya awal jadi TKI
    Perkenalkan Nama saya ridwan kisah Sukses saya menjadi TKI – Ke Jepang, berkat bantuan Bpk DRS.AGUSDIN SUBIANTORO yang bekerja di BNP2TKI jakarta beliau selaku kepala deputi bidang penempatan BNP2TKI pusat no hp pribadi beliau 0823-5240-6469

    BalasHapus